Senin, 07 Januari 2013

Agar tidak Salah Pilih Cat Rumah, Begini Jurusnya

Selasa, 08 Januari 2013, 12:09 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, Warna cat rumah itu tak bisa sekadar dibayangkan saja. Adakalanya, warna yang diidam-idamkan itu begitu dibalurkan di dinding menghasilkan pancaran warna yang tak sesuai imajinasi. Herman Gunawan mencoba memberikan tujuh butir tips untuk menghindarkan 'kecelakaan' itu:

* Pilih warna cat yang sesuai dengan karakter dan selera Anda. Sebab Anda yang akan tinggal dalam rumah itu sehari-harinya. Konsultan hanya memberikan saran saja.

* Kalau belum yakin benar, beli dulu cat dengan ukuran kaleng kecil. Coba dulu pada permukaan dinding, jika sudah pas di hati, Anda dapat menambahnya dengan ukuran cat yang lebih besar.

* Untuk ruang-ruang yang sering dilalui orang atau ruang bermain anak-anak, disarankan menggunakan cat bersifat glossy atau satin. Permukaan dinding akan menjadi lebih licin sehingga mudah dibersihkan dengan lap basah dan air sabun.

* Dinding kamar mandi pun bisa dicat dengan menggunakan bahan glossy ini karena juga bisa menghasilkan permukaan yang kedap air.

* Jangan menggunakan bahan glossy untuk mencat plafon karena akan membentuk cermin dan bisa mengganggu suasana.

* Usahakan pengecatan itu dilakukan setelah acian dinding kering benar, yaitu minimal 30 hari. Ini akan menghasilkan pengecatan yang berkualitas dan lapisan cat tak mudah retak-retak.

* Jangan melakukan pengecatan jika hari hujan, walau untuk ruang dalam sekalipun. Kondisi dengan kelembaban tinggi ini akan membuat hasil pengecatan tak sempurna.

Redaktur: Endah Hapsari


Sumber :
Republika Online - http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/13/01/06/mg6jnv-agar-tidak-salah-pilih-cat-rumah-begini-jurusnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate